Busana Muslim Untuk Olahraga

Bagi para hijabers yang biasa mengenakan busana muslim dalam setiap aktivitasnya termasuk berolahraga adalah bukan sama sekali sebuah penghalang. Mengingat olahraga adalah aktivitas yang sangat penting dilakukn oleh semua orang dan tentunya tidak terbatas oleh semua kalangan. Tetapi bagi anda muslimah yang berjilbab harus tetap menjaga aturan berpakaian dalam berolahraga, seperti pakaian olahraga yang harus menutup aurat, nyaman dan bisa menyerap keringat. Dengan berpakaian seperti itu anda bisa tetap berolahraga untuk menjaga kondisi fisik.


Dibawah ini terdapat beberapa tips untuk anda yang ingin berolahraga dengan tetap menggunakan busana muslim yang sesuai dengan aturan sebagaimana busana muslim yang seharusnya:
1. Hindari penggunaan celana legging karena celana legging memiliki tekstur bahan yang ketat sehingga dapat membentuk tubuh. Meskipun celana tersebut berukuran panjang tetapi masih dapat membuat bagian tubuh anda terlihat terbuka meski tidak menunjukan kulit. Namun jika masih ingin menggunakan celana legging, gunakan lagi lapisan dalam pakaiannya yang panjang atau ukurannya lebih besar fari yang seharusnya atau bisa dipadukan dengan busan muslim jenis yang lainnya agar olahraga anda tetap nyaman dan tetap syar’i.

2. Pilih celana yang tepat dan sesuai. Mengenakan celana yang terlalu ketat memang sangat tidak dianjurkan karena akan mengekspos bagian tubuh anda selama berolahraga, tetapi jangan juga menggunakan celana yang terlalu longgar karena akan membuat aktivitas anda menjadi tidak nyaman. Jadi cobalah untuk mengenakan celana training khusus olahraga yang dipadukan dengan atasa jaket agar lebih terlihat gaya dan stylish. Selain training, celana slouchy juga bisa menjadi pilihan, dengan kerutan di bagian bawah kakinya. Adapula celana rok yang sedang tren sekarang dengan bahan katu yang dapat menyerap keringat.

3. Gunakan atasan olahraga yang nyaman dan menutupi aurat. Seperti yang telah ditentukan dalam syariat Islam, gunakan busana muslim yang menutupi seluruh aurat wanita dan dengan tidak memperlihatkan bentuk tubuhnya. Untuk itu, bagi wanita muslimah yang akan berolahraga, pilihlah atasan kaos biasa yang cukup longgar yang bisa memberikan ruang untuk sirkulasi udara dengan panjang yang bisa menutupi area bokong dan paha. Untuk area bagian atas, gunakanlah kerudung yang menutupi bagian dada. Dalam hal ini gunakan pula model kerudung yang simpel saja agar bisa bergerak dengan leluasa saat berolahraga.

4. Pakai sepatu yang nyaman di kaki. Sepatu merupakan barang yang sangat penting untuk menunjang aktivitas olahraga. Setelah mempersiapkan busana muslim untuk olahraga, saatnya pilih sepatu yang nyaman untuk melindungi kaki anda dan melengkapi fashion anda saat berolahraga. Anda bisa menyesuaikan jenis sepatu dan jenis olahraga yang akan dilakukan. Ada jenis sepatu untuk jogging, tennis, badminton, basket dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *